Kamis, 28 Agustus 2008

Kemerdekaan Republik Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara yang dikenal dengan sumber daya yang melimpah, pada abad ke-16 Belanda memasuki Indonesia dan bertujuan untuk mencari rempah-rempah, tapi setelah tujuan itu tercapai, Belanda menjajah Indonesia.
Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun atau 3,5 abad dan rakyat Indonesia mengalami penderitaan pada masa jajahan tersebut, karena diadakan kerja paksa yang disebut dengan rodi.
Setelah dijajah Belanda, Indonesia dijajah lagi oleh Jepang. Walaupun cuma 3,5 tahun, Indonesia mengalami penderitaan yang lebih parah lagi daripada dijajah Belanda.
Jepang juga membentuk kerja paksa yang disebut Romusha. Romusha ini sangat merugikan masyarakat atau rakyat Indonesia, karena hasil kerja tersebut, semua harus diserahkan kepada Jepang dan tidak diberi sedikit pun untuk rakyat. Di masa Belanda hasil kerja masih diberikan sedikit untuk rakyat tapi di masa Jepang tidak.
Pada waktu dijajah tersebut timbullah rasa nasionalisme bagi setiap rakyat Indonesia dan timbulnya banyak pemberontakan rakyat Indonesia di berbagai daerah, seperti Teuku Umar di Aceh, Pattimura di Maluku, Tuanku Imam Bonjol di Sumatera Barat, dll.
Timbulnya pemberontakan tersebut merupakan jalan menuju Indonesia Merdeka. Dan setelah itu rasa persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia sudah menyatu sehingga jalan menuju merdeka sudah di depan mata.
Tokoh-tokoh yang berperan dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia adalah Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dll. Mereka membentuk berbagai lembaga menuju Indonesia Merdeka, seperti BPUPKI, PPKI, dll.
Dan tepatnya pada tanggal 29 Juni 1945 Indonesia sudah mendapatkan 5 dasar yang disebut dengan PANCASILA melalui musyawarah panitia sembilan yang berbunyi:
  1. Kewajiban melaksanakan syari'at Islam bagi pemeluk Islam.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sila pertama tersebut kemudian diubah lagi, karena ada agama yang bukan Islam di Indonesia, dan diubah menjadi "Ketuhanan yang Maha Esa" yang masih digunakan sampai sekarang.

Melalui perjuangan yang lama itu akhirnya kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945 dan masih diperingati sampai sekarang untuk mengingat kembali hari kemerdekaan Indonesia ini dan presiden Indonesia yang pertama kali adalah Ir. Soekarno.

Tiap tahun, kita selalu memperingati hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Di acara tersebut diadakan upacara serta pembacaan UUD 1945 (pembukaan) dan Pancasila. Selain itu juga dikibarkan Bendera Merah Putih serta dinyanyikannya lagu "INDONESIA RAYA" yang dikarang oleh W. R. Supratman.

Dalam memperingati hari kemerdekaan itu juga diadakan beberapa kegiatan atau perlombaan yang bertujuan untuk memeriahkan acara memperingati hari kemerdekaan tersebut.

Diantara lomba yang dilaksanakan, seperti: panjat pinang, lari karung (balap karung), serta kegiatan lain yang bertujuan mencari bakat anak Indonesia serta memeriahkan acara tersebut.

Di dalam acara tersebut, juga dihadiri oleh orang yang berkuasa atau berperan dalam daerah tersebut, seperti gubernur, dan juga banyak hadir disitu masyarakat dan anak sekolah untuk mengikuti upacara tersebut.

Di acara tersebut juga dihadiri oleh aparat keamanan yang bertujuan untuk menjaga ketertiban/keamanan agar upacara memperingati hari kemerdekaan berjalan dengan lancar.

Setelah acara upacara memperingati kemerdekaan biasanya juga masih ada diadakan kegiatan yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia, seperti: piala kemerdekaan dalam bidang sepak bola yang dibuat untuk memperingati hari kemerdekaan dan sekaligus melakukan uji coba dengan negara lain dalam hal olahraga khususnya sepak bola.

Dari uraian di atas tadi dapat kita ambil kesimpulan:

  1. Kemerdekaan Indonesia diwujudkan melalui perjuangan yang keras.
  2. Persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia merupakan faktor utama yang membawa Indonesia Merdeka.
  3. Pahlawan merupakan faktor pendorong menuju Indonesia Merdeka.
  4. Presiden Indonesia yang pertama kali adalah Ir. Soekarno, dan wakil presiden adalah Moh. Hatta.
  5. Kita harus memperingati hari kemerdekaan Indonesia untuk mengenang jasa/perjuangan para pahlawan kita.
  6. Kita sebagai rakyat Indonesia harus berguna bagi bangsa dan negara serta bisa membanggakan Indonesia.

Tidak ada komentar: